Dulu, pakaian olahraga cewek, tuh, identik dengan yang modelnya sexy atau nggak menutup seluruh bagian tubuh dengan sempurna. Tapi, sekarang trend hijab membuat para produsen pakaian olahraga mulai berinovasi untuk menciptakan model yang berbeda, yakni khusus buat mereka yang berhijab.

Namun, terkadang mengenakan pakaian olahraga yang tertutup bikin kamu gerah dan nggak bebas untuk bergerak. Salah satu penyebabnya adalah pakaian yang kamu pilih mungkin kurang nyaman. Supaya tidak demikian, coba, deh, ikutin tips memilih baju olahraga untuk wanita berhijab berikut!

Memilih Baju Olahraga Buat Wanita Berhijab

Memakai hijab bukan lah hambatan bagi seorang wanita untuk berolahraga, entah itu jogging, senam atau bersepeda. Asal baju yang dikenakan sesuai dan nggak bikin kamu kesulitan bergerak, semua jenis olahraga tersebut dapat dilakukan dengan nyaman, kok.

Seperti pernyataan dari Academy of Nutrition and Dietetics, olahraga akan terasa aman dan nyaman bila kamu mengenakan pakaian yang tepat. Oleh karena itu, penting banget buat mempersiapkannya sebelum menjalani aktivitas fisik. Nah, untuk membantumu mendapatkan pakaian olahraga yang nyaman, simak tips di bawah ini:

1.Pilihlah Model yang Nyaman

Karena berhijab, tentunya kamu harus mengenakan baju olahraga yang tertutup. Bebas mau pake yang berlengan panjang maupun pendek. Tapi, kalo yang kedua, kan, kamu perlu manset tambahan buat nutupin lengan.

Cuman, pastiin manset tersebut nggak terlalu ketat atau longgar, ya! Soalnya, kalo terlalu ketat bisa membekas di kulit dan seringkali menimbulkan rasa gatal. Sebaliknya, manset yang longgar akan mudah kendur dan dapat mengganggu gerakan tubuhmu.

2. Pertimbangkan Bahannya

Selain model, bahan juga nggak kalah penting, loh! Pas lagi olahraga, keringat bakal mengalir deras membasahi tubuhmu. Apalagi kalau kamu berhijab. Solusinya, pintar-pintar lah dalam memilih pakaian olahraga yang berbahan nyaman. Misalnya, kain dengan kandungan polypropylene. Bahan ini menghindarkanmu dari rasa risih akibat tubuh yang basah oleh keringat. Sebab, ia bisa membuat keringat lebih cepat menguap.

Sebaliknya, sebisa mungkin hindari pakaian olahraga dengan bahan katun. Sebab, bahan ini mudah menyerap keringat, sehingga membuat badanmu jadi lebih mudah basah. Kalau dipakai terus-terusan, keringat yang menumpuk bisa memicu jamur dan bakteri. Alhasil, kulitmu pun jadi rentan terkena infeksi jamur.

3. Jangan Membeli Pakaian yang Ukurannya Terlalu Ketat

Udah sempat disinggung di poin pertama, tips memilih baju olahraga untuk wanita berhijab yang tidak boleh dilewatkan adalah memilih ukuran yang tepat. Sebaiknya, ukuran yang kamu pilih sesuai, dalam artian tidak terlalu ketat maupun longgar.

Di samping menghambat gerakan tubuh, pakaian yang terlalu ketat bisa membuat peredaran darahmu nggak lancar. Akibatnya, kamu bisa terkena kram kaki. Nggak cuma itu, pakaian yang terlalu ketat juga dapat mendatangkan masalah pada kulit, seperti lecet-lecet akibat gesekan.

4. Warna yang Cerah Lebih Diutamakan

Selain model, bahan dan ukuran, warna pun harus dipertimbangkan, ya! Pemilihan warna yang tepat nggak hanya bisa menunjang penampilan, tapi juga dapat mendukung kelancaran saat berolahraga. Warna cerah lebih direkomendasikan karena bisa memantulkan sinar matahari. Jadi, bikin gerah pas dipake. Beda sama pakaian olahraga yang tebal dan warnanya gelap, cepat membuat badanmu panas dan berkeringat.

5. Pakai Penutup Kepala Khusus Jika Perlu

Ada kalanya mengenakan hijab dengan model tertentu membuat gerakanmu kurang leluasa. Untuk itu, kamu dapat memakai penutup kepala khusus yang bentuknya seperti kerudung. Bahan polyester sangat direkomendasikan karena selain lebih ringan serta fleksibel juga aman banget, kok, buat digunakan. Soalnya, penutup kepala tersebut didesain khusus dengan lubang kecil yang mempermudah sirkulasi udara.

Udah tau, kan, tips memilih baju olahraga untuk wanita berhijab yang nyaman? Sekarang saatnya kamu mempersiapkan diri untuk mengenakannya saat mau melakukan latihan fisik. Dengan pakaian yang tepat, dijamin kamu bisa lebih semangat ketika berolahraga.